Presentasi Multimedia Pembelajaran Kimia Hasil Pengembangan
Dalam belajar saya sulit
memahami penyampain guru tanpa melampirkan objek yang dibicarakan. Saya menampilkan
multimedia audio-visual dalam suatu ppt yang dapat membantu saya dalam belajar
kimia. Karena saya lebih mudah memahami dan lebih lama mengingat pelajaran jika
hal yang dibicarakan disertai dengan bentuk objeknya. Multimedia yang dapat
digunakan dan mengandung unsur audio-visual adalah video. Sehingga dalam ppt tersebut,
saya menambahkan video penjelasan yang berkaitan dengan materi ini.
Lebih jelasnya teman-teman dapat melihat video ini ; https://youtu.be/pbiYFrobvHA
Elemen Elemen Multimedia
Multimedia Elemen multimedia terdiri
atas teks, gambar, suara, animasi dan video.
1. Teks
Teks merupakan
bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikaninformasi, baik yang
menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat
disajikan dengan berbagai bentuk font
maupun ukuran,
1.1 Unformated teks
Plain teks adalah jenis teks yang
murni hanya berupa karakter teks saja tanpa adaformat apa- apa. Contoh plain
teks adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan teks editor standar
seperti notepad (.txt) di Windows. Plain Teks berjenis teks
/ plain.,tidak mengandung embedded information, seperti
informasi font, tidak mengandung link, dan inline- image.
1.2 Formatted teks
Merupakan
serangkaian karakter yang memiliki format tertentu, misalnya pada saat kita
mengetik dengan Wordpad ( .rtf ). Pada Wordpad plain
teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan ( tag / tanda )
tertentu sehingga teks tersebut dapat di-bold, italic, underline, diberi warna,
dipilih jenis font, dan lain-lain. Selain itu file dengan format ( .doc ) juga
merupakan contoh lain dari formated teks, dimana pilihan untuk format pilihan
pada teks lebih banyakdibandingkan dengan yang disediakan oleh file berformat (
.rtf ).
1.3 Hyper teks
Hyper teks yang
secara umum merupakan kumpulan teks yang memiliki link ( hyperlink ) ke dokumen
lain. Hyperlink berfungsi untuk memudahkan
pengorganisasian publikasi dokumen – dokumen yang semakin lama semakin
bertambah. , contoh dari hyperlink biasanya penulisan teks dengan penggunaan notepad dengan
disimpan dalam format ( .html
2. Gambar
Secara umum,
gambar atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat
berorientasi pada penglihatan ( visual-oriented ), dan gambar merupakan sarana
yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam
bentuk gambar tidak mempunyai hubungan langsung
dengan waktu. Atribut dari
gambar sendiri tergantung terhadap resolusi gambar dan kedalaman bit
gambar, dicontohkan dalam perbandingan perbedaan output antara web, loser
printer dan high end image tester. Hal tersebut tidak lepas dari pengaruh warna
seperti B/W, RGB dan CMYK.
2.1 Gambar Berbasis Bitmap
Gambar yang
ditangkap atau dibangkitkan melalui media yang memiliki resolusi tertentu
dimana setiap piksel didefinisikan secara terpisah.
2.2 Gambar Berbasis Vektor
Gambar yang
diolah atau dibangkitkan menggunakan komputer digunakan untuk menggambar graphics
primitives ( garis,kotak, lingkaran,elips, dll ) dan
menggunakan attributnya dengan dibantu oleh tool – tool. Vector animation
membuat pergerakan objek dengan merubah permulaan, arah dan ukuran dari objek
dan disesuaikan dengan segmen objek.
3. Suara
Fenomena fisik
yang dihasilkan oleh getaran benda, getaran suatu benda yang berupa sinyal
analog dengan amplitude yang berubah secara
kontinu terhadap waktu. Penyajian suara merupakan cara lain untuk memperjelas
pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari
penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan
karakteristik suatu gambar, misalnya music dan suara efek ( sound effect ) ,
maupun suara asli ( real sound ). Authoring software yang digunakan harus
mempunyai kemampuan untuk mengontrol recording dan playback.
4. Animasi
Animasi dapat
diartikan sebagai sebuah objek yang bergerak dinamis dan tidak statis. Objek
dapat berupa teks maupun bentukbentuk yang lainnya. Bentuk-bentuk gerak animasi
sangat banyak jenisnya, dan tentu saja tidak dapat dihitung.Animasi adalah
proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama
beberapa waktu. Animasi bisa berupa gerak sebuah objek dari tempat yang satu ke
tempat yang lain, perubahaan warna, atau perubahan bentuk. Penggunaan motion,
shape ataupun action button sebagai konsep
animasi tersebut.
5. Video
Video adalah
teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang
gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau
media digital. Video sendiri sangat erat kaitannya dengan motion & sound,
seperti pada video analog dan video digital.
Permasalahan :
- Bagaimana tanggapan teman-teman
terhadap multimedia yang saya buat? Apakah multimedia ini efektif saya gunakan
dalam pembelajar kimia?
- Bagaimana tahapan dalam pembuatan multimedia dalam pengajaran di kelas?
- Bgaimana bahan pertimbangan dalam membuat multimedia pembelajaran?
- Bagaimana tahapan dalam pembuatan multimedia dalam pengajaran di kelas?
- Bgaimana bahan pertimbangan dalam membuat multimedia pembelajaran?
Menurut saya multimedia pembelajaran sudah bagus namun untuk beberapa materi yang biasanya terdapat percobaan kimianya lebih bagus di tambah multimedia firtual lab agar lebih menarik dan dipahami siswa
BalasHapusBaik, saya menanggapi pernyataan desi, jika saya menambah firtual lab, bagaimana trik agar belajar menggunakan media firtual lab dpn dimaknai oleh siswa?
Hapusmenurut saya multimedia yang novi buat cocok digunakan apabila audionya terdengar jelas, namun dari yang saya lihat audionya kurang baik dan perlu perbaikan. untuk media yang dibuat itu lebih efektif apabila digunakan untuk menunjang belajar siswa dirumah, jika itu diskolah alangkah lebih baiknya hanya menampilkan percobaan yang dilakukan oleh rutherford yang jelas tanpa ada tulisan penjelasan.
BalasHapusBaik saya ingin menambahkan penjelasan dari saudari yulinda. Saya setuju dengan beliau bahwa media tersebut lebih efektif bila digunakan di rumah dan di sekolah lebih baik menggunakan percobaan. Sehingga apakah media tersebut cocok atau tidaknya dengan saudari novi, maka jawaban saya serahkan kembali. Menurut saya cocok atau tidaknya sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan dengan media yang digunakan tersebut
BalasHapusSaya ingin mencoba menanggapi permasalaha saudari, sama halnya seperti yulinda dan Rahmi menurut saya jika memang yang ditampilkan adalah sebuah percobaan maka kita lihat dahulu jika percobaan ini bisa di praktikan maka lebih baik pratik secara langsung, tapi jika praktik ini berbahaya bagi siswa lebih baik menggunakan virtual lab dalam virtual lab ini lah guru juga harus berperan dalam menjelaskannya pada siswa. Mengenai pembelajran dirumah maka akan lebih baik audionya di perjelas karena siswa terkadang lebih suka mendengar daripada membaca ulang catatan mereka atau buku lain.
BalasHapusbaiklah saya akan menanggapi permasalahan diatas, yang mana penggunaan multimedia sudah baik untuk digunakan namun audio digunakan tidak jelas dan gambar serta tulisan nya juga terlihat pecah jadi apabila multimedia ini diperlihatkan pada anak-anak maka pembelajaran akan tidak efektif karena kurangnya pemahaman anak-anak terhadap materi yang dijelaskan dalam vidio
BalasHapusBaik, menanggapi pernyataan saudari, media yg saya buat berupa ppt, dimana ppt ini disisipkan audio(penjelasan) dan gambaran (video). Pecah disebabkan karna saya upoad ke youtobe. Menurut anda, bagaimana solusi agar ppt tersebut tidak pecah jika diupload dlm youtobe.,
Hapusmedianya bagus walapun masih ada kekurangannya..
BalasHapusdalam proses pembelajaran bisa digunakan media ini, tapi alangkah baiknya media ini digunakan sebagai media tambahan. jadi pengajar menjelaskan konsep dulu dengan memberikan permasalahan terlebih dahulu agar siswa dapat berfkir.setelah itu untuk menguatkan konsep maka baru ditampilkan media ini.
menurut saya media yang anda gunakan cukup bagus, namun harus anda perhatikan kejelasan suara saat anda menyampaikan materi, dan memastikan semua peserta didik memperhatikan apa yang anda jelaskan sehingga apa yang anda sampaikan tidak menjadi sia-sia. dan juga anda harus memperhatikan setiap siswa untuk membaca file yang anda kirimkan dalam grup chat anda.
BalasHapusmenurut saya media yang digunakan sudah cukup bagus tapi alangkah lebih baiknya dengan menggunakan audio yang jelas dan kualitas gambarnya tingga sehinnga gambar yang ditampilkan jelas dan siswapun mudah dalam memahaminya.
BalasHapusmenurut saya sudah bagus, hanya saran agar suaranya diperjelas lagi saat menyampaikan materi, karena tanpa suara yang jelas maka seorang siswa akan sulit mengikuti alurnya.
BalasHapusMenurut saya sudah cukup efektif dengan penjelasan materinya namun seperti komentar teman2 yg lainnya untuk lebih diperjelas suaranya
BalasHapussebaikknya penyajian materinya dipersingkat lagi, dan suara untuk vidoenya lebih diperjelas supaya anak didik dapat mendengar dengan baik. secara keselurahan baik, hanya saja perlu dipertimbangakan kolaborasi antara pemakaian video dengan foto maupun suara, supaya lebih bagus
BalasHapusMenurut saya dari permasalahan anda video yang anda sajikan sudah cukup bagus tetapi kurang efektif karena ada kelemahan dari video yang anda buat tersebut dengan suara yang kurang terdengar dan gambar yang terlihat pecah sehingga akan menyusahkan siswa untuk cepat mengerti dari penjelasan video tersebut.
BalasHapusBaiklah saya akan menjawab permasalahan no 2
BalasHapusTahapan dalam membuat multimedia pembelajaran yaitu sebagai berikut:
1. Tentukan Jenis Multimedia Pembelajaran
Perhatikan dengan benar, yang akan kita buat itu apakah alat bantu kita untuk mengajar (presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk bisa dibawa pulang siswa alias untuk belajar mandiri di rumah atau sekolah. Jenis multimedia pembelajaran menurut kegunannya ada dua:
a. Multimedia Presentasi Pembelajaran
b. Multimedia Pembelajaran Mandiri
2. Tentukan Tema Pembelajaran
Ambil tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu meningkatkan pemahaman ke siswa dan menarik bila kita gunakan multimedia. Ingat bahwa tujuan utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jangan terjebak ke memindahkan buku ke media digital, karena ini malah mempersulit siswa.
3. Sususn Alur Cerita (Soryboard)
Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard itu hal yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup.
4. Memulai Pembuatan Multimedia Pembelajarannya
5. Menggunakan Teknik ATM
Terapkan metode ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi ). Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan image yang tersedia secara default. Apabila masih kurang puas:
6. Tetapkan Target
Jaga keseriusan proses belajar dengan membuat target pribadi, misalnya untuk mengikuti lomba, memenangkan award, menyiapkan produk untuk dijual, atau deadline jadwal mengajar di kelas. Target perlu supaya proses belajar membuat multimedia pembelajaran terjaga dan bisa berjalan secara kontinyu alias tidak putus di tengah jalan.
7. Ingat Terus Tiga Resep dari Success Story
3 resep dari Success Story yaitu, sebagai berikut:
a. Berani mencoba dan mencoba lagi
b. Belajar mandiri (otodidak) dari buku-buku yang ada (perlu investasi membeli buku)
c. Tekun dan tidak menyerah meskipun peralatan terbatas