Presentasi Multimedia Pembelajaran Kimia Hasil Pengembangan



   Dalam belajar saya sulit memahami penyampain guru tanpa melampirkan objek yang dibicarakan. Saya menampilkan multimedia audio-visual dalam suatu ppt yang dapat membantu saya dalam belajar kimia. Karena saya lebih mudah memahami dan lebih lama mengingat pelajaran jika hal yang dibicarakan disertai dengan bentuk objeknya. Multimedia yang dapat digunakan dan mengandung unsur audio-visual adalah video. Sehingga dalam ppt tersebut, saya menambahkan video penjelasan yang berkaitan dengan materi ini. 

Lebih jelasnya teman-teman dapat melihat video ini    ; https://youtu.be/pbiYFrobvHA

Elemen  Elemen Multimedia
 Multimedia  Elemen multimedia terdiri atas teks, gambar, suara, animasi dan video.
1.       Teks
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikaninformasi, baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font
maupun ukuran,
1.1  Unformated teks
Plain teks adalah jenis teks yang murni hanya berupa karakter teks saja tanpa adaformat apa- apa. Contoh plain teks adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan teks editor standar seperti notepad (.txt) di Windows. Plain Teks berjenis teks / plain.,tidak mengandung embedded information, seperti informasi font, tidak mengandung link, dan inline- image.
1.2   Formatted teks
Merupakan serangkaian karakter yang memiliki format tertentu, misalnya pada saat kita mengetik dengan Wordpad ( .rtf ). Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan ( tag / tanda ) tertentu sehingga teks tersebut dapat di-bold, italic, underline, diberi warna, dipilih jenis font, dan lain-lain. Selain itu file dengan format ( .doc ) juga merupakan contoh lain dari formated teks, dimana pilihan untuk format pilihan pada teks lebih banyakdibandingkan dengan yang disediakan oleh file berformat ( .rtf ).
1.3  Hyper teks
Hyper teks yang secara umum merupakan kumpulan teks yang memiliki link ( hyperlink ) ke dokumen lain. Hyperlink berfungsi untuk memudahkan pengorganisasian publikasi dokumen – dokumen yang semakin lama semakin bertambah. , contoh dari hyperlink biasanya  penulisan teks dengan penggunaan notepad dengan disimpan dalam format ( .html
2.       Gambar
Secara umum, gambar atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada penglihatan ( visual-oriented ), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam bentuk gambar tidak  mempunyai   hubungan   langsung   dengan   waktu.   Atribut  dari  gambar sendiri tergantung terhadap resolusi gambar dan kedalaman bit gambar, dicontohkan dalam perbandingan perbedaan output antara web, loser printer dan high end image tester. Hal tersebut tidak lepas dari pengaruh warna seperti B/W, RGB dan CMYK.
2.1 Gambar Berbasis Bitmap
Gambar yang ditangkap atau dibangkitkan melalui media yang memiliki resolusi tertentu dimana setiap piksel didefinisikan secara terpisah.
2.2  Gambar Berbasis Vektor
Gambar yang diolah atau dibangkitkan menggunakan komputer digunakan untuk menggambar graphics primitives ( garis,kotak, lingkaran,elips, dll ) dan menggunakan attributnya dengan dibantu oleh tool – tool. Vector animation membuat pergerakan objek dengan merubah permulaan, arah dan ukuran dari objek dan disesuaikan dengan segmen objek.

3.      Suara
Fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda, getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitude yang berubah secara kontinu terhadap waktu. Penyajian suara merupakan cara lain untuk memperjelas pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya music dan suara efek ( sound effect ) , maupun suara asli ( real sound ). Authoring software yang digunakan harus mempunyai kemampuan untuk mengontrol recording dan playback.

4.  Animasi
Animasi dapat diartikan sebagai sebuah objek yang bergerak dinamis dan tidak statis. Objek dapat berupa teks maupun bentukbentuk yang lainnya. Bentuk-bentuk gerak animasi sangat banyak jenisnya, dan tentu saja tidak dapat dihitung.Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi bisa berupa gerak sebuah objek dari tempat yang satu ke tempat yang lain, perubahaan warna, atau perubahan bentuk. Penggunaan motion, shape ataupun action button sebagai konsep animasi tersebut.
5.  Video
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video sendiri sangat erat kaitannya dengan motion sound, seperti pada video analog dan video digital.

Permasalahan :
- Bagaimana tanggapan teman-teman terhadap multimedia yang saya buat? Apakah multimedia ini efektif saya gunakan dalam pembelajar kimia? 
- Bagaimana tahapan dalam pembuatan multimedia dalam pengajaran di kelas? 
- Bgaimana bahan pertimbangan dalam membuat multimedia pembelajaran?


Komentar

  1. Menurut saya multimedia pembelajaran sudah bagus namun untuk beberapa materi yang biasanya terdapat percobaan kimianya lebih bagus di tambah multimedia firtual lab agar lebih menarik dan dipahami siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, saya menanggapi pernyataan desi, jika saya menambah firtual lab, bagaimana trik agar belajar menggunakan media firtual lab dpn dimaknai oleh siswa?

      Hapus
  2. menurut saya multimedia yang novi buat cocok digunakan apabila audionya terdengar jelas, namun dari yang saya lihat audionya kurang baik dan perlu perbaikan. untuk media yang dibuat itu lebih efektif apabila digunakan untuk menunjang belajar siswa dirumah, jika itu diskolah alangkah lebih baiknya hanya menampilkan percobaan yang dilakukan oleh rutherford yang jelas tanpa ada tulisan penjelasan.

    BalasHapus
  3. Baik saya ingin menambahkan penjelasan dari saudari yulinda. Saya setuju dengan beliau bahwa media tersebut lebih efektif bila digunakan di rumah dan di sekolah lebih baik menggunakan percobaan. Sehingga apakah media tersebut cocok atau tidaknya dengan saudari novi, maka jawaban saya serahkan kembali. Menurut saya cocok atau tidaknya sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan dengan media yang digunakan tersebut

    BalasHapus
  4. Saya ingin mencoba menanggapi permasalaha saudari, sama halnya seperti yulinda dan Rahmi menurut saya jika memang yang ditampilkan adalah sebuah percobaan maka kita lihat dahulu jika percobaan ini bisa di praktikan maka lebih baik pratik secara langsung, tapi jika praktik ini berbahaya bagi siswa lebih baik menggunakan virtual lab dalam virtual lab ini lah guru juga harus berperan dalam menjelaskannya pada siswa. Mengenai pembelajran dirumah maka akan lebih baik audionya di perjelas karena siswa terkadang lebih suka mendengar daripada membaca ulang catatan mereka atau buku lain.

    BalasHapus
  5. baiklah saya akan menanggapi permasalahan diatas, yang mana penggunaan multimedia sudah baik untuk digunakan namun audio digunakan tidak jelas dan gambar serta tulisan nya juga terlihat pecah jadi apabila multimedia ini diperlihatkan pada anak-anak maka pembelajaran akan tidak efektif karena kurangnya pemahaman anak-anak terhadap materi yang dijelaskan dalam vidio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, menanggapi pernyataan saudari, media yg saya buat berupa ppt, dimana ppt ini disisipkan audio(penjelasan) dan gambaran (video). Pecah disebabkan karna saya upoad ke youtobe. Menurut anda, bagaimana solusi agar ppt tersebut tidak pecah jika diupload dlm youtobe.,

      Hapus
  6. medianya bagus walapun masih ada kekurangannya..
    dalam proses pembelajaran bisa digunakan media ini, tapi alangkah baiknya media ini digunakan sebagai media tambahan. jadi pengajar menjelaskan konsep dulu dengan memberikan permasalahan terlebih dahulu agar siswa dapat berfkir.setelah itu untuk menguatkan konsep maka baru ditampilkan media ini.

    BalasHapus
  7. menurut saya media yang anda gunakan cukup bagus, namun harus anda perhatikan kejelasan suara saat anda menyampaikan materi, dan memastikan semua peserta didik memperhatikan apa yang anda jelaskan sehingga apa yang anda sampaikan tidak menjadi sia-sia. dan juga anda harus memperhatikan setiap siswa untuk membaca file yang anda kirimkan dalam grup chat anda.

    BalasHapus
  8. menurut saya media yang digunakan sudah cukup bagus tapi alangkah lebih baiknya dengan menggunakan audio yang jelas dan kualitas gambarnya tingga sehinnga gambar yang ditampilkan jelas dan siswapun mudah dalam memahaminya.

    BalasHapus
  9. menurut saya sudah bagus, hanya saran agar suaranya diperjelas lagi saat menyampaikan materi, karena tanpa suara yang jelas maka seorang siswa akan sulit mengikuti alurnya.

    BalasHapus
  10. Menurut saya sudah cukup efektif dengan penjelasan materinya namun seperti komentar teman2 yg lainnya untuk lebih diperjelas suaranya

    BalasHapus
  11. sebaikknya penyajian materinya dipersingkat lagi, dan suara untuk vidoenya lebih diperjelas supaya anak didik dapat mendengar dengan baik. secara keselurahan baik, hanya saja perlu dipertimbangakan kolaborasi antara pemakaian video dengan foto maupun suara, supaya lebih bagus

    BalasHapus
  12. Menurut saya dari permasalahan anda video yang anda sajikan sudah cukup bagus tetapi kurang efektif karena ada kelemahan dari video yang anda buat tersebut dengan suara yang kurang terdengar dan gambar yang terlihat pecah sehingga akan menyusahkan siswa untuk cepat mengerti dari penjelasan video tersebut.

    BalasHapus
  13. Baiklah saya akan menjawab permasalahan no 2
    Tahapan dalam membuat multimedia pembelajaran yaitu sebagai berikut:
    1. Tentukan Jenis Multimedia Pembelajaran
    Perhatikan dengan benar, yang akan kita buat itu apakah alat bantu kita untuk mengajar (presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk bisa dibawa pulang siswa alias untuk belajar mandiri di rumah atau sekolah. Jenis multimedia pembelajaran menurut kegunannya ada dua:
    a. Multimedia Presentasi Pembelajaran
    b. Multimedia Pembelajaran Mandiri
    2. Tentukan Tema Pembelajaran
    Ambil tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu meningkatkan pemahaman ke siswa dan menarik bila kita gunakan multimedia. Ingat bahwa tujuan utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jangan terjebak ke memindahkan buku ke media digital, karena ini malah mempersulit siswa.
    3. Sususn Alur Cerita (Soryboard)
    Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard itu hal yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup.
    4. Memulai Pembuatan Multimedia Pembelajarannya
    5. Menggunakan Teknik ATM
    Terapkan metode ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi ). Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan image yang tersedia secara default. Apabila masih kurang puas:
    6. Tetapkan Target
    Jaga keseriusan proses belajar dengan membuat target pribadi, misalnya untuk mengikuti lomba, memenangkan award, menyiapkan produk untuk dijual, atau deadline jadwal mengajar di kelas. Target perlu supaya proses belajar membuat multimedia pembelajaran terjaga dan bisa berjalan secara kontinyu alias tidak putus di tengah jalan.
    7. Ingat Terus Tiga Resep dari Success Story
    3 resep dari Success Story yaitu, sebagai berikut:
    a. Berani mencoba dan mencoba lagi
    b. Belajar mandiri (otodidak) dari buku-buku yang ada (perlu investasi membeli buku)
    c. Tekun dan tidak menyerah meskipun peralatan terbatas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Dasar Multimedia

MULTIMEDIA PEMBELAJARAN REVOLUSI INDUSTRI ERA 4.0

PENGEMBANGAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA